468x60 Ads

JARINGAN KOMPUTER


  • PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya dan dapat mengakses informasi


  • MANFAAT JARINGAN KOMPUTER
Manfaat yang didapat membangun jaringan komputer yaitu:


  1. SHARING RESOURCES : Bertujuan agar Seluruh program,peralatan,atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
  2. MEDIA KOMUNIKASI : Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
  3. INTEGRASI DATA : Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.
  4. PENGEMBANGAN DAN PEMELIHARAAN : Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama-sama
  5. KEAMANAN DATA : Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data.
  6. SUMBER DAYA LEBIH EFISIEN DAN INFORMASI TERKINI :Dengan pemakaian sumber daya secara bersama-sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi.

  • JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

  1. LAN (LOCAL AREA NETWORK)

Local Area Network merupakan milik pribadidi dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran beberapa kilometer 
     2. MAN (METROPOLITAN AREA NETWORK)

Metropolitan Area Network pada dasarnya merupakan versi lan yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan lan. Man dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.

     3. WAN (WIDE AREA NETWORK)

Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara atau benua. 




6-sixers_v2